Selama tahap awal, 800 nomor atau nomor bebas pulsa dianggap sebagai nomor kontak mewah yang hanya dapat dibeli oleh perusahaan multi-juta dolar dan perusahaan multinasional. Untuk usaha kecil dan menengah, 800 nomor adalah fasilitas impian karena pemilik harus membayar semua biaya panggilan masuk dan keluar selain biaya setoran yang terlalu tinggi.

Beberapa perusahaan besar terpikat dengan 800 nomor, terlepas dari biaya besar karena banyaknya keuntungan yang diberikan. Mereka merasakan manfaat yang 800 nomor tawarkan lebih dari membenarkan jumlah uang yang akan Anda habiskan untuk itu. Manfaat utamanya adalah 800 nomor, mereka memotivasi baik pelanggan yang ada maupun yang prospektif untuk menghubungi bisnis Anda lebih sering karena mereka tidak perlu membayar biaya apa pun. Ini berarti meningkatkan hubungan pelanggan dan membantu Anda memperbesar basis pelanggan.

Dengan berlalunya waktu, biaya pengaturan dan menjalankan nomor 800 menjadi lebih dan lebih terjangkau. Alasan utama untuk penurunan biaya tersebut dapat dikaitkan dengan lonjakan jumlah penyedia layanan telepon bebas pulsa. Sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Ekonomi – ketika persaingan semakin ketat, layanan menjadi lebih murah dan mulai menarik lebih banyak pembeli.

Ini bukan untuk mengabaikan fakta bahwa kualitas 800 angka juga meningkat dan lebih banyak fitur ditambahkan. Hari ini, Anda bisa mendapatkan 800 nomor tanpa biaya penyiapan, biaya bulanan yang terjangkau, banyak fitur menarik, dan bahkan periode uji coba gratis 30 hari gratis.

Secara historis berbicara, AT & T meluncurkan produk yang disebut "interstate INWARD WATS." pada tahun 1967 dan pada saat itu, AT & T tidak pernah memvisualisasikan bahwa peluncuran sederhana dari produk yang tampaknya non-sensasional ini akan mampu tumbuh menjadi proporsi yang sangat besar dan menciptakan permintaan universal di antara komunitas bisnis. Bahkan, "WATS" yang baru dikembangkan sebagai solusi untuk memenuhi kekurangan operator operator telepon yang ada. AT & T percaya bahwa layanan baru ini, yang juga dikenal sebagai "Pemanggilan Kumpulkan Otomatis", akan memenuhi kebutuhan yang menangis.

800 nomor atau layanan Freephone muncul di Inggris pada 1960-an, dengan Kantor Pos menjalankan fasilitas semacam itu. Itu diperkenalkan di Amerika Serikat selama pertengahan 1967 oleh AT & T sebagai alternatif untuk mengumpulkan panggilan dan untuk mengurangi kebutuhan operator telepon. Tak satu pun di AT & T atau di luar yang pernah bermimpi bahwa 25 tahun setelah peluncuran awal, 40% dari panggilan di jaringan jarak jauh AT & T akan menjadi panggilan bebas pulsa.

Evolusi, pengembangan, dan pertumbuhan 800 angka hingga bentuk-bentuk raksasa saat ini dapat dicatat sebagai berikut:

1967: AT & T memperkenalkan "Inbound WATS" ke pasar

1984: Layanan Bebas Pulsa "Tidak Diperdagangkan" oleh MFJ *

1994: Nomor Bebas Pulsa Portabilitas menjadi kenyataan

1996: "888" sebagai layanan tambahan bebas pulsa diperkenalkan

1997: International Pulsa Gratis muncul

1998: "877" sebagai layanan bebas pulsa tambahan diperkenalkan

2000: "866" sebagai layanan bebas pulsa tambahan diperkenalkan

Hari-hari awal awal yang sederhana dari 800 nomor sekarang dilupakan dan sekarang ini menjadi hal yang biasa bagi bisnis tanpa menghiraukan ukuran mereka untuk mengiklankan nomor bebas pulsa. Jadi apa yang dimulai sebagai kebutuhan mendesak empat setengah dekade yang lalu sekarang menjadi alat pemasaran yang sangat diperlukan untuk semua rumah bisnis.